Tips Membersihkan Kompor Infra red Europa


Teknologi kompor sudah mengalami evolusi. Jika dulu kompor harus menghasilkan api untuk memanaskan makanan, sekarang tak perlu api untuk menghasilkan panas.

Kompor infra red diciptakan dengan teknologi yang lebih canggih, menggunakan pembakaran gas panas menjadi radiasi infrared, sehingga dapat menghemat pemakaian gas Anda hingga 40% dibandingkan kompor gas biasa, sistem pemanasan akan terpusat sehingga suhu akan naik dengan cepat. Masakan pun bisa matang dalam waktu singkat.

Kompor infra red juga memiliki fitur yang modern, misalnya fitur memasak yang bisa dipilih. Kamu bisa menyetel kompor ini sesuai kebutuhan, nanti secara otomatis kompor ini akan menyesuaikan suhu dan waktu memasak.

Selain itu, kamu bisa mengatur secara manual suhu yang kamu butuhkan, juga mengatur timer agar kompor mati otomatis ketika masakan sudah matang. Semua fungsi ini bisa diakses melalui panel digital yang biasanya diletakkan di bagian bawah.

Material kompor pun berbeda dengan kompor konvensional. Kompor model ini terbuat dari bahan khusus yang membuat tampilannya lebih elegan. Namun, material ini membutuhkan perawatan khusus.

Jika kamu sudah memiliki kompor infra red, sebaiknya kamu menyimak tips-tips berikut agar kompormu selalu terawat dan tahan lama. Simak tips membersihkan kompor infra red Europa berikut ini!

1. Bersihkan dalam kondisi dingin

Bersihkan kompor dalam kondisi mati. Walau kompor tidak menghantarkan panas jika tidak ada bahan logam di atasnya, membersihkan dalam kondisi menyala bisa merusak komponen di dalam kompor. Ketika kamu ingin membersihkannya sesaat setelah selesai memasak, tunggu sesaat hingga kompor dingin.

Usahakan membersihkan kompor setelah digunakan agar tidak terjadi penumpukan kotoran. Dengan langsung membersihkannya, kamu tidak akan pernah bertemu dengan noda membandel. Jadi, kemungkinan untuk melakukan penggosokan dan penyikatan pun kecil.

Menunggu sampai kotoran menumpuk bisa menghambat kinerja kompor. Juga, secara estetika, tampilannya menjadi kotor dan tak enak dilihat.

2. Gunakan cairan yang aman

Untuk membersihkan lapisan kompor, kamu harus memilih cairan dengan saksama. Gunakan cairan khusus kompor ini, atau kamu bisa menggantinya dengan cuka putih jika noda yang tertinggal memang membandel.

Pastikan cairan yang kamu gunakan tidak akan menggores lapisan kaca kompor. Hindari pembersih chlorine bleach, cairan yang mudah terbakar, cairan yang bersifat tajam, produk pencuci piring, dan pembersih berbentuk bubuk.

Hindari menuang terlalu banyak air atau bahkan mengguyur kompor dengan air karena dikhawatirkan akan menimbulkan korsleting. Disarankan menggunakan botol spray untuk membersihkan kompor bagian demi bagian.

Jika kompormu memiliki bagian yang terbuat dari stainless steel, kamu bisa menggunakan pembersih yang memang untuk bahan stainless steel. Hindari untuk menggunakan cairan yang sama untuk material yang berbeda.

3. Gunakan lap berbahan halus

Karena lapisan kaca sangat rentan tergores, kamu harus memilih lap yang lembut. Kamu bisa menggunakan tisu makan untuk mengusap cairan pembersih dan mengeringkannya menggunakan kain microfiber. Hindari menggunakan sikat, spons serabut, atau spons berkawat.

Jika terdapat noda membandel, kamu bisa mengulang proses pembersihan beberapa kali hingga noda berhasil hilang. Hindari menggosok terlalu kencang untuk menjaga kilap dan menghindarkan munculnya goresan.

Itulah tips membersihkan kompor infra red Europa. Nah, ternyata membersihkan kompor infra red tidak terlalu sulit, ya. Jika kamu rutin membersihkan kompormu, kinerjanya akan tetap prima dan tampilannya pun akan selalu kece.

0 Response to "Tips Membersihkan Kompor Infra red Europa"

Post a Comment