Pahami 4 Penyebab Asam Urat yang Jarang Orang Ketahui


Rasa nyeri dan bengkaknya kaki akibat asam urat dalam kadar yang tinggi bukan sesuatu yang awam bagi penderita penyakit ini. Penyebab utama dari nyeri akibat asam urat adalah saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak purin, seperti alkohol, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. 


Purin dari makanan tersebut akan diubah menjadi kristal asam urat, yang dapat mengendap pada persendian. Paling sering, kristal asam urat ini menumpuk pada persendian jari kaki besar.

Ternyata, tidak hanya makanan tinggi purin yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ada beberapa obat-obatan maupun kondisi fisik yang juga dapat memicu menumpuknya purin dalam tubuh dan memicu nyeri asam urat. Berikut adalah beberapa penyebab serangan nyeri asam urat yang tak disangka.

Aspirin

Sering digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit kepala dan meredakan peradangan, ternyata aspirin dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Terlalu sering mengonsumsi aspirin berdosis tinggi dapat memicu nyeri asam urat. Namun penderita penyakit jantung yang diresepkan aspirin rendah, tetap dianjurkan untuk mengonsumsinya. Lebih disarankan untuk memilih diet yang rendah purin ketimbang berhenti konsumsi aspirin.

Dehidrasi

Mengalami dehidrasi memiliki banyak pengaruh buruk terhadap kesehatan, dan nyeri asam urat adalah salah satunya. Kekurangan cairan tubuh akan meningkatkan konsentrasi asam urat dalam darah. Mereka yang rentan terhadap serangan nyeri asam urat akan lebih cepat merasa nyeri di kaki saat mereka mengalami dehidrasi. Disarankan untuk minum paling sedikit delapan gelas air (2 liter) tiap hari untuk mengurangi risiko dehidrasi dan asam urat.

Diuretik

Diuretik adalah obat penurun tekanan darah yang bekerja dengan mengeluarkan semua garam dan air dalam tubuh. Ternyata obat ini sekaligus menghambat ke luarnya asam urat dalam tubuh, sehingga dapat menumpuk dan sebabkan nyeri asam urat. Untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat disarankan untuk mengonsumsi obat Lopurin atau Uloric bersamaan dengan minum diuretik.

Kegemukan

Mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat masih kurang untuk mencegah serangan asam urat. Bila BMI (Body Mass Index) Anda menunjukkan bahwa Anda kegemukan atau obesitas, maka risiko Anda menderita asam urat lebih tinggi. Tubuh pada orang yang kegemukan akan menghasilkan asam urat lebih banyak. Tubuh yang gemuk juga sulit untuk mengeluarkan asam urat dengan sempurna.

Lalu bagaimana mengatasinya?

Anda bisa konsumsi obat bernama Forsendi, terbuat dari ektrak tumbuhan alami dalam kemasan kapsul. Selain asam urat, kapsul Forsendi juga mampu untuk mengobati rematik, nyeri sendi dan pegal linu.

0 Response to "Pahami 4 Penyebab Asam Urat yang Jarang Orang Ketahui"

Post a Comment