5 Tips Membawa Bekal Sehat untuk Anak Sekolah

Membawa bekal makanan buat si kecil ke sekolah merupakan kebiasaan yang baik karena keamanan, kebersihan serta nutrisinya lebih terjamin.
 

Bila anda dan anak anda belum terbiasa dengan hal ini, mungkin ini saatnya mencoba. Apalagi, seringkali orang tua khawatir dengan banyaknya pemberitaan tentang jajanan di sekitar sekolah yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

Berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan bekal si kecil.

1. Pilih makanan yang lengkap gizi
Sedapat mungkin dalam bekal yang dibawa si kecil terdapat cukup karbohidrat, protein, serat dan mineral. Apabila nasi dan lauk-pauk dianggap terlalu berat, orang tua bisa menyiapkan bekal praktis seperti roti isi daging dan sayuran, arem-arem atau kroket.

2. Gunakan wadah yang aman
Sedapat mungkin gunakan wadah makanan yang tidak mengandung zat berbahaya yang bisa mengkontaminasi makanan. Rekomendasi yang disarankan bisa dengan Tupperware.

3. Buat tampilan yang menarik
Untuk tampilan lebih menarik, orang tua bisa menyajikannya dalam berbgai variasi bentuk. Misalnya roti atau nasi dicetak dengan mangkuk atau pemotong berbentuk karakter tertentu. Buah dan sayur dipotong dengan menggunakan pemotong kukis bermacam-macam bentuk.

4. Buat variasi
Bekal untuk anak harus dibuat variatif untuk menghindari kebosanan. Variasi bisa dilakukan pada bahan atau bentuk penyajian.

5. Buat jadwal menu
Untuk mempermudah, orang tua bisa membuat jadwal menu bekal sekolah anak selama beberapa hari. Akan lebih baik bila anak dilibatkan dalam pembuatan jadwal ini. Minta mereka menentukan pilihan dan membuat variasinya sesuai dengan minatnya.

Adapun pemilihan bahan makanan sebaiknya sesuai dengan prinsip piramida makanan, yakni:
1. Makanan harus bervariasi dan lengkap gizi, dari semua kategori makanan: protein, karbohidrat, lemak dan mineral
2. Diutamakan makanan dengan banyak serat, seperti buah dan sayuran.
3. Hindari terlalu banyak lemak, seperti makanan yang digoreng atau bersantan.
4. Hindari makanan yang terlalu manis

Pilihan makanan yang sehat akan membantu kecukupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak

0 Response to "5 Tips Membawa Bekal Sehat untuk Anak Sekolah"

Post a Comment