Inilah Akibat Penggunaan Ponsel Saat Malam

Hampir semua orang tidak dapat lepas dari ponselnya. Mereka bahkan membawa ponselnya ke kamar tidur hingga larut malam. Padahal ponsel yang dibawa hingga menjelang tidur, dapat memberikan berbagai dampak negatif bagi kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa akibat yang akan terjadi bila Anda tetap menggunakan ponsel di malam hari.

1. Membuat susah tidur
Cahaya yang keluar dari layar ponsel Anda mengakibatkan otak memproduksi sedikit melatonin. Padahal melatoninlah yang dapat membuat Anda merasa mengantuk dan mengatur siklus tidur Anda. Hal inilah yang dapat membuat Anda susah tidur dan akhirnya tetap terjaga hingga larut malam.

2. Dapat mengakibatkan depresi
Berdasarkan berbagai penelitian, orang yang menggunakan ponsel hingga larut malam, sangat rentan mengalami depresi. Selain itu juga dapat mengganggu suasana hati dan membuat seseorang menjadi lebih tempramental.

3. Menyebabkan ketegangan pada mata

Setelah seharian menatap layar komputer di kantor, mata Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala, mata kering, dan penglihatan kabur, sebaiknya istirahatkanlah mata Anda di malam hari.

4. Paparan radiasi
Meski belum ada penelitian yang pasti mengenai dampak radiasi ponsel terhadap otak, Anda sebaiknya membatasi paparan Anda terhadap radiasi ponsel. Simpanlah ponsel minimal 15 meter dari posisi Anda berbaring.

5. Memiliki banyak bakteri
Sama halnya dengan remote tv dan dudukan toilet, ponsel merupakan salah satu benda yang memiliki banyak bakteri. Membawanya ke kamar tidur, bahkan hingga ke tempat tidur, sama hal nya dengan memaparkan lebih banyak bakteri ke kamar tidur Anda. Padahal kamar tidur yang bersih dapat meningkatkan kenyamanan dan membuat Anda lebih mudah untuk tertidur lelap.

Anda sebaiknya segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut dan memikirkan kondisi kesehatan Anda dengan misal menggunakan perhiasan kesehatan yang bisa mencegah radiasi dari ponsel.

0 Response to "Inilah Akibat Penggunaan Ponsel Saat Malam"

Post a Comment