Inilah Berbagai Penyebab Rusaknya Tulang Rawan di Lutut

Kerusakan tulang rawan pada lutut bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang, salah satunya berjalan pun jadi sulit. Lalu, apa saja sih penyebab terjadinya kerusakan tulang rawan pada lutut?

Ahli Dokter Tulang, mengatakan kerusakan tulang rawan pada lutut bisa terjadi karena berbagai hal, di antaranya trauma dan beban. Kedua hal tersebut dikatakan tak hanya bisa merusak tulang rawan, tapi juga jaringan lain di sendi lutut.

Kerusakan tulang rawan akibat trauma biasanya terjadi karena benturan (trauma) benda tumpul yang berlangsung terus-menerus. Nah, proses ini menyebabkan gangguan keseimbangan biologis tulang rawan.

Gangguan keseimbangan biologis menyebabkan kerusakan pada sel kondrosit, hilangnya zat proteoglikan dan munculnya jaringan kolagen yang tidak normal. Hal ini menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.

Penyebab lain yakni beban atau faktor mekanik biasa terjadi pada kondisi sendi lutut yang tanpa tekanan atau sebaliknya, mendapat tekanan berlebihan. Kondisi tanpa tekanan yang memicu kerusakan tulang rawan biasa terjadi pada sendi lutut yang tidak digerakkan sehingga menyebabkan terhambatnya interaksi jaringan penyangga dengan sel kondrosit.

Sementara, tekanan berlebihan biasanya terjadi pada orang yang mengalami kegemukan (obesitas), sedang hamil, dan melakukan pekerjaan dengan beban seperti pekerja tambang. Tekanan tersebut menyebabkan stres mekanik dan memicu kerusakan pada tulang rawan sendi.

Tekanan lain misalnya aktivitas high impact, seperti naik-turun tangga, olahraga lari, maraton, taekwondo, dan tenis. Untuk melakukan aktifitas fisik yang dapat menyebabkan kerusakan pada tulang, Anda bisa menggunakan alat terapi kesehatan untuk lutut yaitu Jeido Power Knee.

0 Response to "Inilah Berbagai Penyebab Rusaknya Tulang Rawan di Lutut"

Post a Comment