4 Cara Mencegah Pikun yang Mudah


Seseorang pada usia di atas 60 tahun biasanya akan mengalami penyakit demensia atau terganggunya fungsi kognitif atau yang biasa dikatakan sebagai ‘pikun’.

Tapi tahukah Anda jika hal itu dapat juga dialami oleh seseorang yang masih muda atau dewasa? Hal itu disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurangnya berolahraga.

Beberapa aktivitas sederhana dapat membantu Anda untuk mencegah pikun. Berikut beberapa tips untuk mencegah ‘pikun’.

1. Olahraga Setiap Hari
Dari hasil sebuah penelitian, olahraga secara rutin 30 menit per hari akan dapat membantu meningkatkan hormon endorphin (hasil maksimal bisa menggunakan kalung kesehatan Al Muslim) yang dapat meningkatkan rasa senang dan membuat kerja otak seseorang akan lebih fresh.

2. Terus Belajar Selalu
carilah hal baru yang Anda minati untuk dipelajari atau terlibatlah pada kegiatan-kegiatan sosial yang akan meningkatkan wawasan juga teman baru. Atau bahkan Anda cukup dengan mengikuti acara keagamaan seperti pengajian. Dengan itu Anda sama dengan melakukan senam ringan pada otak Anda. Sebuah studi menyebutkan, otak akan mengalami penurunan kualitas apabila jarang digunakan.

3. Istirahat yang Cukup
Dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa istirahat yang baik dan sehat adalah yang cukup, yakni tidur selama 7 jam dalam sehari. Hal ini akan sangat baik pada kinerja otak kedepannya. Namun, apabila Anda sulit tidur, lakukanah hal-hal yang alamiah, seperti mandi air hangat, membaca bacaan ringan yang dapat memrilekskan otot-otot pada otak yang dapat membantu Anda untuk lebih mudah beristirahat.

4. Konsumsi Makanan mengandung Antioksidan
Konsumsilah makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti, blueberry, bayam, strawberry, dan termasuk bawang putih, hal itu akan dapat melindungi kinerja pada otak Anda. Karena antioksidan dapat melindungi sel-sel tubuh termasuk sel pada otak.

0 Response to "4 Cara Mencegah Pikun yang Mudah"

Post a Comment